3 Muatan Komponen RPP PAUD TK KB Terbaru Update 2021

Ada tiga muatan komponen RPP PAUD (TK/KB) terbaru yang masih berlaku sampai saat ini. Masihkah sekolah ayah bunda menggunakan RPP baik itu RPPH atau RPPM yang isinya masih terdiri dari identitas program, materi, alat dan bahan, kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan rencana penilaian?

Selanjutnya kita lupakan semua komponen RPP PAUD itu ya karena sejak tahun 2019 Kementerian Pendidikan sudah menerbitkan surat edaran tentang penyederhanaan RPP melalui Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Baca Edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 melalui tampilan preview di bawah ini.

Berikut ini adalah ringkasan SE Mendikbud No. 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP tersebut yang dikemas dalam daftar tanya jawab Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP):

Apa yang menjadi pertimbangan penyederhanaan RPP?

Guru-guru sering diarahkan untuk menulis RPP dengan sangat rinci sehingga banyak menghabiskan waktu yang seharusnya bisa lebih difokuskan untuk mempersiapkan dan mengevaluasi proses pembelajaran itu sendiri.

Apa yang dimaksud dengan prinsip efisien, efektif dan berorientasi pada murid?

Efisien berarti penulisan RPP dilakukan dengan tepat dan tidak menghabiskan banyak waktu dan tenaga.

Efektif berarti penulisan RPP dilakukan untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Berorientasi pada murid berarti penulisan RPP dilakukan dengan mempertimbangkan kesiapan, ketertarikan, dan kebutuhan belajar murid di kelas.

Apakah RPP dapat dibuat dengan singkat, misalnya hanya satu halaman?

Bisa saja, asalkan sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid. Tidak ada persyaratan jumlah halaman.

Apakah ada standar baku untuk format penulisan RPP?

Tidak ada. Guru bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi pada murid.

Bagaimana dengan format RPP yang sudah dibuat guru?

Guru dapat tetap menggunakan format RPP yang telah dibuatnya. Guru dapat pula memodifikasi format RPP yang sudah dibuat sesuai dengan prinsip efisien, efektif, dan berorientasi kepada murid.

Berapa jumlah komponen dalam RPP terbaru?

Ada 3 komponen inti, yaitu tujuan pembelajaran; langkah-langkah pembelajaran (kegiatan); dan penilaian pembelajaran (asesmen). Komponen-komponen lainnya adalah pelengkap. Tujuan pembelajaran ditulis dengan merujuk kepada kurikulum dan kebutuhan belajar murid. Kegiatan belajar dan asesmen dalam RPP ditulis secara efisien.

RPP PAUD Yang Efektif

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Bab I Pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa PAUD merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan belajar dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pengembangan potensi tersebut ialah menyusun rancangan pembelajaran yang holistik dan terintegratif dengan kegiatan sehari-hari anak.

Fakta di lapangan, penyusunan RPP dibuat hingga berlembar-lembar dan muatan yang terdiri dari belasan komponen sehingga dinilai tidak efektif. Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 14 Tahun 2019 tentang Penyederhanaan RPP menjadi tiga komponen, yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen. Berkaitan dengan hal ini, maka diperlukan RPP PAUD (TK/KB) yang efektif bagi guru PAUD sehingga bebas membuat, memilih, mengembangkan, dan menggunakan RPP sesuai dengan prinsip efisien, efektif, holistik, dan berorientasi pada pengembangan potensi anak.

Muatan Komponen RPP PAUD Terbaru

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) PAUD adalah rancangan bagi guru untuk melaksanakan kegiatan bermain yang mendukung anak dalam proses belajar. Di dalam RPP berisi langkah-langkah konkret yang dilakukan oleh guru agar proses pembelajaran berlangsung dengan baik. RPP yang dibuat ini harus mengacu kepada karakteristik seperti usia, kemampuan dan kebutuhan setiap anak.

Menindaklanjuti Permendikbud 146 tahun 2014 tentang Kuriulum 2013 PAUD, di tahun 2019 terbitlah edaran Mendikbud No. 14 Tahun 2019 yang berisi tentang penyederhanaan RPP di dalamnya dijelaskan terdapat tiga komponen yang harus ada di dalam RPP PAUD yaitu tujuan, langkah-langkah kegiatan, dan asesmen.

Tujuan

Apa yang akan menjadi target dari pembelajaran yang akan dilakukan? Ini merupakan luaran atau output yang didapatkan setelah melakukan kegiatan belajar dan bermain anak usia dini.

Langkah-Langkah Kegiatan

Merupakan proses yang akan dilakukan selama melakukan pembelajaran. Cukup uraikan apa saja yang dilakukan pada hari itu. Kegiatan inti dan penutup merupakan kegiatan yang dimasukkan ke dalam SOP PAUD.

Asesmen

Asesmen merupakan kegiatan untuk mengungkapkan kualitas proses dan hasil pembelajaran. Banyak yang mencampuradukkan pengertian antara evaluasi (evaluation), penilaian (assessment), pengukuran (measurement), dan tes (test), padahal keempatnya memiliki pengertian dan fungsi yang berbeda.

Evaluasi adalah kegiatan mengidentifikasi untuk melihat apakah suatu program yang telah direncanakan telah tercapai atau belum, berharga atau tidak, dan dapat pula untuk melihat tingkat efisiensi pelaksanaannya. Evaluasi berhubungan dengan keputusan nilai (value judgement).

Penilaian (assessment) adalah penerapan berbagai cara dan penggunaan beragam alat penilaian untuk memperoleh informasi tentang sejauh mana hasil belajar siswa atau ketercapaian kompetensi (rangkaian kemampuan) siswa. Penilaian menjawab pertanyaan tentang sebaik apa hasil atau prestasi belajar seorang siswa.

Pengukuran (measurement) adalah proses pemberian angka atau usaha memperoleh deskripsi numerik dari suatu tingkatan dimana seorang siswa telah mencapai karakteristik tertentu. Hasil penilaian dapat berupa nilai kualitatif dan nilai kuantitatif. Pengukuran berhubungan dengan proses pencarian atau penentuan nilai kuantitatif tersebut.

Tes adalah cara penilaian yang dirancang dan dilaksanakan kepada siswa pada waktu dan tempat tertentu serta dalam kondisi yang memenuhi syarat-syarat tertentu yang jelas. ( sumber : interenet )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

You must be logged in to post a comment Login