5 Kerajinan Tangan Untuk Anak

Kerajinan tangan dapat membuat pertumbuhan si Kecil semakin kreatif. Pertumbuhan anak memang menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah dengan membimbing si Kecil untuk dapat berpikir dan juga bersikap kreatif sejak masih berusia dini. Jika sejak kecil anak telah melakukan kegiatan yang kreatif maka ia akan terbiasa melihat dari sudut pandang yang berbeda. Jika hal tersebut tidak dilakukan dan anak hanya melakukan hal yang menjadi rutinitasnya sehari-hari maka akan menimbulkan kejenuhan bagi si Kecil yang juga akan berpengaruh pada perkembangan psikologisnya. Oleh karena itu, anak harus melakukan kegiatan yang sangat bervariasi.

Bisa mengoptimalkan kecerdasan tentu akan membuat si Kecil lebih aktif, produktif, serta dapat menciptakan ikatan yang kuat antara orang tua dan anak lewat proses pendampingan saat anak melakukan kegiatan-kegiatan kreatifnya.

Bunda memiliki peran yang sangat penting dalam menciptakan pengalaman baru bagi si Kecil di momen ini, terutama pengalaman yang bisa merangsang perkembangan otak dan kreatifitasnya. Banyak hal yang dapat Bunda lakukan untuk mengarahkan si Kecil kepada kegiatan-kegiatan yang sifatnya produktif sekaligus mampu mengasah kreatifitas dan daya imajinasinya. Salah satu aktivitas yang tepat adalah mengajaknya membuat berbagai kerajinan tangan. Kerajinan tangan dapat disesuaikan dengan umur dan situasi si Kecil. Kerajinan tangan untuk anak juga dapat disesuaikan dengan keadaan dan biaya, dan umumnya banyak kerajinan tangan yang tidak membutuhkan biaya yang mahal, bahkan ada yang dapat dibuat dengan bahan-bahan yang ada disekitar. Berikut adalah beberapa ide kerajinan tangan yang bisa Bunda praktekan bersama si Kecil.

  1. Membuat ikan kertas.

Ambillah sebuah piring kertas. Mintalah anak untuk menggunting salah satu sudut piring kertas membentuk segitiga. Kemudian tempelkan guntingan segitiga tersebut pada sisi piring kertas yang lainnya sehingga membentuk “ekor”. Selanjutnya mintalah anak mewarnai ikan tersebut dengan menggunakan kertas kref, atau cat air atau juga bisa dengan menggunakan glitter.

  1. Lukisan telapak tangan

Cara Membuatnya, ajak si Kecil untuk melumuri telapak tangannya dengan cairan pewarna. Akan lebih indah jika Bunda menyediakan beberapa warna. Kemudian minta si Kecil untuk menstempelkan telapak tangannya pada sebuah kertas atau kain. Setelah kering, mintalah si Kecil menambahkan garis atau bentuk tertentu sehingga tercipta gambar yang unik dari hasil stempel tangan tersebut.

  1. Merobek kertas

Berikan sebuah kertas putih dan kertas berwarna lain pada si Kecil. Bimbing ia untuk merobek kertas berwarna menjadi serpihan-serpihan kecil. Lalu ajak si Kecil untuk membuat sesuatu dengan cara menempelkan serpihan-serpihan kertas itu di kertas putih. Biarkan si Kecil berekspresi sesuai dengan imajinasinya.

  1. Lukisan klereng

Caranya, ambillah sebuah tutup kaleng dan lapisi dalamnya dengan sebuah kertas sehingga membentuk tutup kaleng tersebut. Buatlah beberapa adonan cat warna dan celupkan beberapa buah kelereng di dalamnya. Ajak si Kecil untuk mengambil kelereng tersebut (bisa menggunakan tangan atau garpu penjepit) dan pindahkan ke tutup kaleng yang sudah dilapisi kertas. Ajak anak untuk menggoyang-goyangkan tutup kaleng tersebut sehingga kelereng bergerak kesana kemari membentuk sebuah lukisan indah.

  1. Gelembung ceria

Cara membuatnya, tuangkan cairan sabun ke dalam mangkuk plastik. Bimbinglah si Kecil untuk meniup cairan sabun tersebut sehingga menghasilkan gelembung-gelembung. Kemudian tuangkan pewarna makanan di atas gelembung sabun. Ambil selembar kertas dan tempelkan di atas gelembung sabun. Selanjutnya keringkan. Untuk yang satu ini Bunda perlu lebih berhati-hati agar cairan sabun tidak terminum ataupun mengenai mata si Kecil.

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *