Bantuan TIK Direktorat PAUD Dukung Pelaksanaan Program Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka

Penyediaan sarana dan prasarana sangat penting diwujudkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan pendidikan anak usia dini. Salah satu sarana pendidikan yang dinilai mampu meningkatkan layanan dan harus diakui masih menjadi kendala bagi satuan PAUD adalah perangkat teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK).

“Hal tersebut diperkuat hasil pemantauan dan evaluasi di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak lembaga PAUD yang belum dapat memberikan layanan pendidikan

yang ideal karena masih belum dimilikinya perangkat TIK,” ujar Plt Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Kemendikbudristek,  Komalasari ketika membuka Bimtek TIK Angkatan ke 6 di Jogyakarta, pekan ini.

Sehubungan dengan kondisi faktual tersebut, lanjutnya maka pada tahun 2022, Pemerintah dalam hal ini Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, Direktorat Jenderal Pendidikan

Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melaksanakan program bantuan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dikatakan, pemberian bantuan ini merupakan bagian dari strategi untuk mendukung peningkatan layanan PAUD berkualitas. Selanjutnya untuk mewujudkan tata kelola program bantuan yang baik (good) dan bersih (clean), terbuka (transparant), dan bertanggung jawab (accountable).

Pemerintah memfasilitasi terpenuhinya kebutuhan satuan PAUD melalui ketersedian akses dan mutu layanan pendidikan, pemberian bantuan TIK berguna menuntaskan pemenuhan sarana dan prasarana pendidikan, serta peningkatan kualitas sarana prasarana pendidikan dalam mendukung pembelajaran berkualitas menjadi fokus Direktorat PAUD sebagai bentuk daya dukung terhadap pelaksanaan Program Sekolah Penggerak dan Implementasi Kurikulum Merdeka.

Dikatakan, Bantuan TIK merupakan bagian dari program digitalisasi sekolah yang di tahun-tahun mendatang akan menjadi infrastruktur dasar bagi peserta didik dan guru dalam pembelajaran, dalam hal ini dibidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) guna mendukung Program Sekolah Penggerak (PSP).

Banyak aspek positif yang bermanfaat dalam TIK bagi anak usia dini dan juga bagi tenaga pendidik dan kependidikan PAUD, bagi anak manfaatnya TIK diantaranya adalah : anak mengenal teknologi informatika sejak usia dini, pembelajaran akan lebih inovatif dan variatif, praktis serta menyenangkan.

“Sedangkan bagi pendidik ataupun guru akan lebih terpacu kreativitasnya, inovasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik dan admintrasi data akan termanajemen dengan baik dan rapih.

Namun sayangnya banyak tenaga pendidik atau guru yang tidak menguasi TIK, kalaupun menguasai masih berada ditingkatan kemampuan pendagogik. Bukan kemampuan dalam mengembangkan kompetensinya,” ujar Direktur PAUD.

Hadirnya bantuan TIK akan mempermudah  para tenaga pendidik ataupun guru yang sebelumnya mengalami kesulitan ketika melakukan pembelajaran kepada peserta didik. “Hal ini ini menjadi tantangan bagi kami (Dit PAUD), selain memberikan bantuan TIK kami juga harus mengembangkan kemampuan TIK. Salah satunya melalui kegiatan seperti ini,” ujar Komalasari menambahkan.

Dijelaskan ada dua poin utama dalam kegiatan ini, yaitu : pertama para tenaga pendidik atau guru memahami spesifikasi bantuan TIK yang kami berikan diantaranya chromebook yang perlu diekplorasi aplikasi, dan yang kedua para tenaga kependidikan ataupun guru yang mengikuti kegiatan ini mengguna dan menjadi pengimbas dalam mengoptimalkan penggunaan chromebook di lembaganya.

Plt Direktur PAUD berharap dengan bantuan TIK, para guru akan terampil menggunakan peralatan dari bantuan ini. Juga harapannya dapat menggunakan sumber-sumber pembelajaran digital yang ada. Selain itu ada dua program prioritas utama Direktorat PAUD, yaitu : program Perencanaan Berbasis Data (PBD) dan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM).

 

Sumber : Paudpedia.Kemendikbud

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

You must be logged in to post a comment Login