Burung Gagak Yang Ingin Menjadi Elang

Suatu hari, seorang penggembala sedang menggembalakan domba-dombanya di padang rumput yang hijau. Penggembala itu duduk sambil menunggu domba-dombanya makan rumput. Udara segar membuat penggembala mengantuk. Ia menyanderkan diri ke sebuah pohon yang rindang sembari menikmati semilir angin yang menyejukkan.

Penggembala tak tahu bahwa ada seekor elang yang sedang mengincar domba-dombanya. Saat Penggembala lengah, elang itu langsung mencengkeram salah satu anak domba. Anak domba pun dibawanya terbang. Olala… kuat sekali elang itu.

Hal itu dilihat oleh Gagak. Gagak merasa bahwa dirinya juga bisa sekuat elang. “Aku pasti juga bisa membawa salah satu domba seperti yang elang lakukan,” ucap Gagak.

Gagak langsung terbang ke arah salah satu domba. Ia hinggap di punggung domba. Gagak mencoba mencengkeram tubuh domba dengan sekuat tenaga. Namun, ia tak mampu membawa domba itu terbang. Kuku-kukunya justru tersangkut di bulu domba. Akibatnya, gagak tak bisa pergi ke mana-mana.

“Kau pikir bisa membawaku seperti yang elang lakukan? Kau hanya seekor gagak,” ucap Domba.

“Lihat saja nanti. Sekarang lepaskanlah aku,” seru Gagak.

Domba tak menghiraukannya. Kegaduhan Gagak dan Domba membuat penggembala bangun dari tidurnya. Penggembala menyadari bahwa anak domba miliknya telah hilang satu.

“Pasti dibawa oleh elang,” dengusnya.

Penggembala melihat seekor gagak yang terjebak di punggung domba. Melihat hal itu, penggembala mendekati Gagak. Penggembala tahu bahwa pasti Gagak merasa dirinya bisa membawa terbang domba seperti yang bisa Plana Elang lakukan.

Penggembala itu lalu menangkap gagak. Ia membawanya pulang bersama domba-dombanya. Sesampainya di rumah, penggembala memberikan burung gagak itu kepada anak-anaknya.

“Wah burung apa ini, Ayah?” tanya anaknya.

“Itu adalah burung gagak yang ingin menjadi seekor elang,” ucap ayahnya.

Anaknya hanya tersenyum mendengar jawaban sang ayah. Sejak saat itu, gagak menjadi penghuni rumah penggembala. Gagak menjadi penghuni baru sarang burung milik penggembala.

Pesan moral dari Cerita Dongeng Indonesia Terbaru : Kisah Burung Gagak adalah bermimpi menjadi hebat memang boleh. Namun, kita harus tetap menjadi diri sendiri.

( Sumber : Google / Internet )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *