Contoh Kegiatan Seni dan Kerajinan

Contoh kegiatan seni dan kerajinan tangan yang bisa dilakukan oleh anak usia dini:

1. Sun Catcher “kupu-kupu”

Cara Membuat: Potong bentuk kupu-kupu dari kertas hitam. Bentuk ini harus
simetris. Kemudian ajaklah anak menggunakan pembolong kertas untuk menghasilkan bulatan-bulatan kertas untuk ditempelkan di kedua sisi sayap kupu-kupu. Setelah kering, gantunglah di jendela

2. Trek Mobil

Cara Membuat : Tuangkan cat tempera beberapa warna di atas busa (spons tipis). Kemudian ambillah mobil-mobilan yang rodanya memiliki gerigi. Tempelkan ban atau
roda mobil-mobilan pada spons yang telah diberi cat, kemudian jalankan roda mobil-mobilan di atas kertas untuk membuat aneka macam warna trek mobil.

3. Ikan Kertas

Ambillah sebuah piring kertas. Dengan bimbingan pendidik, mintalah anak untuk menggunting salah satu sudut piring kertas membentuk segitiga. Kemudian tempelkan guntingan segitiga tersebut pada sisi piring kertas yang lainnya sehingga membentuk “ekor”. Selanjutnya mintalah anak mewarnai ikan tersebut dengan menggunakan kertas kref, atau cat air atau juga bisa dengan menggunakan glitter.

4. Stempel Balon

Cara Membuat: Tuangkan cat tempera beberapa warna di atas busa (spons tipis). Kemudian ambillah sebuah balon dan bantulah anak untuk meniupnya, cukup
dengan ukuran kecil saja. Selanjutnya ajaklah anak untuk menempelkan salah satu sisi
balon dan cap/stempelkan pada kertas putih.

5. Gelembung Ceria

Cara Membuat: Tuangkan cairan sabun ke dalam mangkuk plastik. Bimbinglah anak untuk meniup cairan sabun tersebut sehingga menghasilkan gelembung-gelembung. Kemudian tuangkan pewarna makanan di atas gelembung sabun. Ambil selembar kertas dan tempelkan di atas gelembung sabun. Selanjutnya keringkan.

6. Merobek kertas

Cara Membuat: Berikan sebuah kertas putih dan kertas berwarna lain pada anak. Bimbing anak untuk merobek kertas berwarna menjadi serpihan-serpihan kecil. Ajak anak untuk membuat sesuatu dengan cara menempelkan serpihan-serpihan kertas kecil di kertas putih. Biarkan anak berekspresi sesuai dengan imajinasinya.

7. Lukisan kelereng

Cara Membuat: Ambillah sebuah tutup kaleng dan lapisi dalamnya dengan sebuah kertas sehingga membentuk tutup kaleng tersebut. Buatlah beberapa adonan cat warna dan celupkan beberapa buah kelereng di dalamnya. Ajak anak untuk mengambil kelereng tersebut (bisa menggunakan tangan atau garpu penjepit). Ajak anak untuk menggoyang-goyangkan tutup kaleng tersebut sehingga kelereng bergerak kesana kemari membentuk sebuah lukisan indah.

8. Stempel Tangan

Cara Membuat: Ajak anak untuk melumuri telapak tangannya dengan cairan pewarna. Akan lebih indah jika beberapa warna. Kemudian minta anak untuk menstempelkan telapak tangannya pada sebuah kertas atau kain. Setelah kering, mintalah anak menambahkan garis atau bentuk tertentu sehingga tercipta gambar yang unik dari hasil stempel tangan tersebut.

9. Lukisan benang

Cara Membuat: Ajak anak untuk membuat cairan beberapa pewarna. Kemudian celupkan benang pada cairan pewarna tersebut. Satu buah benang untuk satu cairan pewarna.  Minta anak untuk menggoreskan celupan benang tersebut pada kertas putih

( Sumber : Google / Internet / PAUD )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *