Literasi Bahasa Inggris Anak Usia Dini

Pada masa generasi milenial kini, banyak sekali perubahan yang hurus diikuti jika tidak ingin ketinggalan zaman. Salah satunya adalah mempelajari dan mempergunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang di jadikan patokan atau minimal kemamapuan yang harus dimiliki setiap orang.

Saat ini, kemampuan bahasa Inggris merupakan modal dasar untuk mencapai pasar yang lebih tinggi. Orang dewasa berlomba-lomba mendatangi tempat kursus bahasa Inggris untuk mendapat apa yang mereka inginkan, baik itu pekerjaan, pengalaman hingga jodoh. Lalu apakah bahasa Inggris sepenting itu? Dapat dikayakan ya. Karena pada dasarnya penggunaan bahasa Inggris sudah menjadi bahasa ‘ibu’ di negara kita sendiri. Bagaimana tidak, untuk melakukan beberapa tes wawancara pekerjaan biasanya kita dimintai persyaratan membawa surat kemampuan minimal bahasa Inggris seperti TOEFL.

Tidak hanya itu, kini mencari beasiswa pun harus punya surat kemampuan berbahasa minimal dengan nilai 400 hingga 500 untuk dalam negeri ataupun di luar negeri. Namun tentu ada niat baik di balik ini semua, pemerintah ingin rakyatnya dapat menyatu dan belajar dengan baik dengan semua bangsa-bangsa. Mereka tidak ingin membuat rakyatnya tertinggal hanya karena tidak dapat menguasai bahasa pemersatu bangsa-bangsa. Belum lagi dengan diberlakukan keterbukaan dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat orang Indonesia harus bergerak lebih cepat agar tidak tertinggal dengan perusahaan dan individu-individu yang lebih baik dari luar sana. Itu bagi orang dewasa.

Lalu bagaimana dengan anak-anak? apakah kita perlu mengajarinya di usia mereka yang sangat dini? Maka jawabanya adalah, perlu. Sebab bahasa Inggris sudah masuk kedalam kehidupan anak baik hal-hal yang sederhana sekalipun. Saat menonton TV pun saat kita ingin menghidupkan TV, maka yang tertera dalam tombol adalah kata power atau On atauOff bukan kata “Menyala” atau “Hidupkan”. Itu contoh kecil yang ada di lingkungan kita.

Mengajari anak bahasa Inggris sejak dini adalah sebuah investasi untuk mereka di masa yang akan datang. Jika anak dipersiapkan untuk hal ini, anak akan mampu berkembang dengan lebih baik dan percaya diri dengan apa yang dia bisa. Dalam mengajarinya pun tidak begitu sulit, karena pada masa tersebut anak memasuki masa keemasan atau golden age. Dimana pada usia tersebut anak sangat mudah sekali menyerap dan meniru apa yang mereka lihat dan mereka pelajari.

Tentu saja tidak mengajarkan apa itu tenses, conjungtion, greeting, ataupun yang lainnya. Dalama mengajarkan bahasa Inggris pada anak usia dini perlu metode yang pas agar tidak menimpulkan trauma belajar. Jangan sampai niat baik kita terhadap mereka justru menjadi bumerang bagi diri kita. Dua hal yang paling disukai anak adalah cerita dan musik.

Kita dapat memanfaatkan kegemeran anak ini untuk menjadi metode yang pas untuk menyisipkan satu dua kata dalam bahasa Inggris yang dapat ditiru anak. Dalam mengajari anak bahasa Inggris, ada baiknya yang perlu kita persiapkan adalah tema belajar apa dulu yang akan kita ajarkan kepada anak. Itu bisa dilihat dari kegemaran saat ini.

Bila anak terlihat sedang asik dengan warna-warna kita mengajarkan mereka warna-warna dengan bahasa Inggris ataupun tema lainya seperti binatang, tumbuhan, mainan, dan lain-lain. Bisa juga dengan sesuai nada lagu yang sudah ada dan diubah liriknya menjadi sebah lagu kumpulan berbahasa Inggis yang asik untuk diikuti oleh anak-anak. Contohnya dalam pengenalan warna, kita dapat mengunakan lagu Twinkle-twinkle yang diubah liriknya menjadi nama-nama warna.

Lalu apa manfaat penuh bagi anak itu sendiri saat mempelajari bahasa Inggris di usianya yang masih sangat muda? Apa saja efek yang bisa anak rasakan saat sudah mempelajari bahasa Inggris?

Pertama, anak tidak akan merasa asing dengan bahasa Inggris. Saat anak sudah mempelajari bahasa inggris sejak kecil. Bahasa Inggris tidak lagi menjadi momok yang menakutkan bagi mereka. Saat ini banyak sekali siswa kelas dasar yang merasa enggan dengan pembelajaran bahasa Inggris karena merasa asing dan sulit. Saat anak sudah dikenalkan sejak dini maka akan meningkatkan minat mereka terhadap bahasa lain.

Kedua, persiapan masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Saat ini bahasa Inggris tidak hanya diajarkan dalam jenjang pendidikan menengah dan jenjang pendidikan atas. Tapi juga pada jenjang pendidikan dasar. Saat anak tidak terbiasa mendengar atau mengucap kata menggunakan bahasa Inggris, maka anak akan merasa kesulitan dalam memahaminya.

Ketiga, mempermudah memperoleh akses pengetahuan baru. Seperti yang kita ketahui, saat ini untuk pergi ke luar negeri Amerika, Jepang, Korea, Belanda dan lain-lain bukanlah hal yang sulit. Sudah banyak sekali jejaring sosial baik online ataupun offline yang dapat membantu kita dalam mengupdate segala yang berkaitan dengan negara yang ingin kita tahu informasinya sehingga kita dapat pengetahuan baru yang ada di luar sana. Hal ini berpengaruh terhadap daya analisis yang lebih hebat dibanding teman-teman sebayanya.

Keempat, belajar bahasa Inggris sejak dini akan mempersiaPkan anak-anak untuk lebih matang menghadapi masa depan. Bahasa Inggris adalah bahasa global yang digunakan oleh hampir sebagian besar penduduk dunia. jika anak sudah dapat mengenal beberapa kata bahasa Inggris maka dia akan mudah pula dalam pembelajarannya.

Bahasa Inggris adalah bahasa komunikasi yang memudahkan anak dalam berinteraksi dan mendapatkan pengetahuan dan bahasa bisnis lainya. Pada intinya bahasa Inggris adalah bahasa yang bersiat investasi bagi anak dimasa yang akan datang. dimana pembelajaran bahasa tersebut dapat memberikan banyak efek positif setelah 10 sampai 20 tahun berlalu.

( Sumber : Google / Internet )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *