Membangun Sikap Jujur kepada Anak

Kejujuran adalah salah akhlak mulia yang harus ditanamkan pada masa emas perkembangan ini. Kejujuran yang dipupuk sejak dini akan melekat dalam diri anak hingga dewasa. Melatih kejujuran pada anak sejak dini perlu dilakukan agar anak kelak dapat  tumbuh menjadi pribadi yang baik dan dapat dipercaya semua orang. Tentu hal ini akan bermanfaat baik bagi anak, keluarga maupun lingkungan anak tersebut. Berikut kita akan membahas mengenai apa saja yang harus dilakukan agar anak bisa bersikap jujur:

  1. Bangun kelekatan emosional dengan anak.

Kelekatan emosional ini harus ada antara anak dan orang, guru dan orang dewasa lainnya yang terlibat mengasuh anak. Ketika anak sedang berkata jujur, berikanlah apresiasi, terutama bila ia mengakui hal yang ia takuti atau khawatirkan. Sebelum mengoreksi mereka, kita bisa memberikan kalimat pujian atau sentuhan yang membuat anak merasa aman dan dihargai. Hal tersebut dapat membantu anak untuk menanamkan perilaku jujur ke depannya. Seperti yang kita ketahui, anak-anak sering kali tidak berkata jujur karena takut dimarahi. Oleh karena itu, biasakan untuk membuat anak merasa aman anak saat dia berkata dan berperilaku jujur.

  1. Jadikan sikap sikap jujur sebagai pembiasaan dalam kehidupan sehari – hari.

Bukan hanya menuntut anak untuk jujur, melainkan orang tua dan guru juga perlu memberi contoh perilaku baik kepada anak dan menjadi sosok teladan yang harus menampilkan kejujuran di depan mereka. Dengan begitu, anak-anak juga akan termotivasi untuk berperilaku jujur seperti yang ditunjukkan oleh orang tuanya. Hindari membohongi anak dengan alasan apapun. Mengapa demikian? Karena dengan orang tua membohongi anak, mereka akan menganggap bahwa bahwa berbohong itu diperbolehkan.

  1. Kenalkan anak pada cerita-cerita yang mengandung nilai kejujuran.

Dari cerita tersebut, anak-anak dapat belajar dan memperoleh banyak pelajaran untuk membangun karakter dirinya tentang pentingnya bersikap jujur.

  1. Lingkungan tempat anak bergaul juga dapat mempengaruhi anak dalam berinteraksi.

Oleh karena itu sebaiknya orangtua dapat memilih lingkungan yang baik untuk anak, karena jika lingkungan tersebut membiasakan berbohong maka dikhawatirkan mereka juga akan menirunya. Oleh karena itu para orang tua harus mendampingi anak agar tetap melakukan perbuatan yang baik.

  1. Awasi tontonan anak-anak, baik di TV maupun di Youtube dan platform lainnya.

Karena bagaimanapun pengaruh media sosial saat ini sangat pesat. Pilih tontonan edukatif yang sesuai dengan usia anak. dari tontonan yang biasa mereka lihat bisa saja akan terbawa dalam kehidupan sehari-harinya. Selain itu, jangan lupa batasi waktu menonton anak, jangan lebih dari 1 jam, karena menatap layar dengan durasi yang lama tidak bagus untuk tumbuh kembang mereka.

Ayah, Bunda dan Sobat PAUD, demikianlah tips yang dapat dibagi untuk membangunsikap jujur sejak dini. Mari bersama kita sesegera mungkin kita terapkan, mengapa?Karena pembentukan sikap ini membutuhkan waktu dan proses yang panjang, tidak bisa dengan cepat langsung terlihat hasilnya, maka jangan sia-siakan usia anak agar kelak dikemudian hari tidak menyesal.

Sumber : Paudpedia

 

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

You must be logged in to post a comment Login