Siapkan Indonesia Emas 2045, Pengembangan PAUD Perlu Peran Semua Pihak

Pengembangan pendidikan anak usia dini (PAUD) dinilai perlu melibatkan semua kalangan. Pemerintah daerah diminta lebih aktif dalam merealisasikan PAUD holistik integratif agar pendidikan anak anak ini lebih maksimal.

Bunda PAUD Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya mengatakan, mewujudkan PAUD holistik integratif perlu kolaborasi bersama antara pemerintah, media, dan organisasi mitra selaku representasi masyarakat. Sehingga dapat diimplementasikan secara baik ke seluruh PAUD di Jawa Barat. Menurut dia, keterlibatan organisasi mitra sangat penting karena merupakan representasi dari masyarakat. Dengan keterlibatan langsung dari masyarakat, menurutnya pendidikan dan perawatan anak sejak dini akan menjadi optimal.

“Selain pentahelix, peran serta dari masyarakat ini akan memudahkan dalam memberikan pendidikan anak sejak dini. Semoga benar-benar akan terwujud anak Indonesia yang sehat, cerdas, ceria, dan berakhlak mulia,” kata dia pada rapat koordinasi Provinsi Pokja Bunda PAUD.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Dedi Supandi mengatakan, pengembangan anak usia dini menjadi kunci terwujudnya sumber daya manusia yang siap menyongsong Indonesia Emas 2045. “Anak usia dini saat ini merupakan investasi penting dalam menjawab tantangan Indonesia Emas pada Tahun 2045,” katanya.

Ia menjelaskan, jika menghitung usia peserta didik PAUD saat ini 4 sampai 6 tahun, maka pada 2045 anak-anak tersebut sudah mencapai usia matang dan produktif. “Usaha pengembangan Social, Emotional, Spiritual, Moral, dan Intellectual akan sangat baik jika dilakukan di Usia Golden Age atau 0 s.d. 6 Tahun,” ujarnya.

Menurut dia, cara terbaik mengasah kemampuan anak usia dini adalah melalui metode bermain sambil belajar. Menurutnya, PAUD sudah menjadi pokok bahasan di berbagai kalangan, karena pengembangan anak usia dini merupakan hal penting dalam menentukan pembangunan secara keseluruhan. ( sindonews )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

You must be logged in to post a comment Login