Strategi: Menyesuaikan Diri di Kelompok Bermain

Bagi sebagian besar anak, hari pertama masuk kelompok bermain akan menggembirakan (membayangkan berbagai macam permainan, mainan, kegiatan orang dewasa dan anak-anak lain) sekaligus mengkhawatirkan (membayangkan ia hams berpisah dari ibu dan ayah selama beberapa jam). Karena itu, hah pertama di kelompok bermain bisa menjadi saat yang penuh tantangan bagi Anda berdua, ketika batita Anda menempel pada Anda dan tidak mau melepaskan tangan Anda untuk bergabung dengan teman-temannya. Reaksi ini sangatlah normal dan banyak yang bisa Anda lakukan untuk membantu anak menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya.

Segala bentuk ketakutan dan kekhawatiran yang diperlihatkan anak akan hilang dalam beberapa hari. Tentu saja, ada beberapa anak yang memulai hari pertamanya di kelompok bermain tanpa menengok ke belakang dan mencari orang tua mereka. Mereka maju dengan penuh percaya diri dan tidak merasakan kekhawatiran terhadap perpisahan sementara ini. Sementara, anak-anak lain memperlihatkan reaksi yang berbeda, mulai dari rasa malu, sedikit rasa takut, hingga menangis keras-keras. Bagaimanapun reaksi anak Anda di hari-hari pertama tersebut, beri ia dukungan penuh. Teruslah mengatakan bahwa ia akan baik-baik saja dan sebentar lagi Anda berdua akan bertemu kembali.

Tanya-Jawab

Anak saya perlu waktu yang sangat lama untuk berpisah dari saya di kelompok bermain. Apakah baik apabila saya menemaninya selama ia mau?

Setelah beberapa hari pertama terlewati, usahakan untuk memisahkan diri lebih cepat sambil tetap memberikan rasa nyaman padanya. Buatlah rutinitas, seperti berikanlah ciuman dan pelukan padanya, lalu serahkanlah ia kepada orang dewasa yang bertugas di sana, dan tinggalkanlah. Sebaliknya, Anda bisa membuat perpisahan ini semakin sulit baginya jika Anda sejak awal terlalu berlama-lama tinggal di tempat itu.

Anak kami menangis saat kami menjemputnya dari kelompok bermain, seakan-akan ia tidak mau pulang. Kami merasa sedih. Apa yang bisa kami lakukan?

la menangis karena ia mengalami kesulitan berpindah dari satu suasana ke suasana lainnya. Masalah ini mudah diatasi dengan cara meminta staf di kelompok bermain untuk mengingatkan anak Anda-sebelum Anda datang-bahwa Anda akan menjemputnya. Jika mereka melakukan ini selama beberapa kali, air matanya akan berubah menjadi semangat.

Fakta-Fakta Perpisahan

  • Kekhawatiran anak untuk berpisah dari orang tuanya selama di kelompok bermain biasanya berkurang setelah beberapa minggu dan akan hilang sepenuhnya setelah-paling lama-satu
  • Tidak ada hubungan antara tangís anak saat berpisah dengan problem psikologis di kemudian hari. Kekhawatiran adalah reaksi normal terhadap perpisahan
  • Anak yang percaya diri sekalipun kerap merasakan kekhawatiran terhadap perpisahan. Bahkan, ini juga dialami oleh anak yang sudah pernah diajak mengunjungi beberapa tempat penitipan anak

sebelum bergabung dengan yang sekarang.

  • Anak yang mengalami kekhawatiran terhadap perpi-

sahan saat mulai masuk kelompok bermain biasanya lebih waspada, ingin tahu, dan bersikap tegas saat ia sudah terbiasa dengan perpisahan tersebut.

Membantunya Berpisah

Pertimbangkan strategi berikut untuk meningkatkan percaya diri anak dalam menghadapi perpisahan dengan Anda pada hari pertama di kelompok bermain (atau di jasa pengasuhan anak lainnya):

  • Beritahu ia sebelumnya. Katakan pada anak bahwa sebentar lagi ia akan mulai masuk kelompok bermain (atau jasa pengasuhan lainnya). Pastikan sebelumnya bahwa ia sudah berkenalan dengan orang dewasa dan anak-anak di kelompok bermain tersebut, sehingga situasi ini tidak begitu asing baginya.
  • Libatkan ia. Anak akan lebih mudah tenang pada hari pertama di kelompok bermainnya jika ia langsung memusatkan pikiran pada aktivitas tertentu. Segera carikan sesuatu yang bisa ¡a mainkan begitu ¡a tiba di tempat tersebut.
  • Beritahukan bahwa Anda akan datang kembali. Anda tahu pasti bahwa Anda akan datang menjemputnya, tapi anak Anda mungkin tidak menyadari hal ini. Jadi, sampaikan hal ¡tu padanya secara spesifik. Misalnya, katakan, ‘Sebentar lagi kita ketemu sebelum waktu makan siang.’
  • Puji ia saat Anda menjemputnya. Katakan padanya betapa bangganya Anda melihat ¡a senang di kelompok bermain dan bermain dengan anak- anak lain di sana, la bangga jika Anda tertarik pada hal-hal yang ia lakukan dan matanya akan bersinar saat mendapat dukungan yang nyata dari Anda.

( Sumber : Anggunpaud )

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *