Tips Hari Pertama Masuk Sekolah

Masuk sekolah untuk yang pertama kalinya adalah momen yang mendebarkan sekaligus ditunggu-tunggu, baik bagi orangtua maupun anak itu sendiri. Akan tetapi, biasanya anak akan rewel ketika pertama kali masuk sekolah. Nah, bagaimana cara membuat si kecil nyaman saat menjalani hari pertama sekolah? Yuk mari simak beberapa tips berikut.

1. Tunjukkan dulu sekolah itu seperti apa

Supaya anak tidak merasa asing dengan lingkungan yang akan dijalaninya, perkenalkan seluk-beluk mengenai sekolah kepada si buah hati. Beberapa cara yang dapat digunakan antara lain dengan menunjukkan berbagai gambar lingkungan sekolah, mengajak menonton video tentang asyiknya kegiatan di sekolah, menyanyikan lagu mengenai senangnya bersekolah, membuat cerita sebelum tidur dengan tema sekolah, dan lain-lain.

Setelah memperkenalkan hal-hal mengenai sekolah, ada baiknya ajak anak Anda untuk berjalan-jalan mengitari lingkungan sekolah di mana si kecil akan menuntut ilmu nantinya. Kunjungan dapat dilakukan mulai dari bagian halaman sekolah, ruangan kelas, hingga tempat berkumpul dan bermain dengan teman-teman sebaya.

2. Persiapkan bekal anak dengan baik

Satu hal yang hendaknya tidak dilupakan oleh orangtua adalah mempersiapkan bekal untuk si kecil dengan baik. Bekal dapat berisi makanan dan minuman favorit anak agar ia semakin semangat saat masuk sekolah. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah tempat penyimpanan makanan tersebut. Jangan sampai anak Anda kesulitan membuka wadah penyimpanan makanan sehingga menimbulkan trauma dalam benak si kecil.

3. Antar anak di hari pertama masuk sekolah

Setelah berbagai persiapan sebelum masuk sekolah sudah dilakukan, sekarang saatnya mengantar buah hati Anda ke sekolah. Pada hari pertama bersekolah, antar dan temani anak agar ia tidak merasa ditinggalkan oleh orangtuanya.

Saat menemaninya bersekolah, ada kalanya Anda harus “menghilang” beberapa waktu dari pandangannya agar anak terlatih untuk tidak melulu ditemani orangtua pada hari-hari berikutnya. Bila anak rewel dan memaksa untuk terus-terusan ditemani orangtua, jangan menuruti kemauannya karena nanti akan menjadi kebiasaan. Beri pengertian bahwa ketika di sekolah, anak tidak bisa menempel dengan orangtua. Minta anak untuk bermain dengan teman-teman dan gurunya saja.

4. Beri penghargaan

Apabila anak berhasil menjalani hari pertamanya bersekolah dengan baik, berikan penghargaan kepadanya agar si kecil semakin termotivasi dan betah di sekolah. Apresiasi dapat berupa pujian lisan, menandai tanggal pertama bersekolah di kalendernya dengan gambar senyuman, mengajaknya jalan-jalan, dan lain-lain.

5. Bangun kerja sama dengan guru

Bagi anak yang memiliki kondisi atau penyakit tertentu, komunikasikan hal tersebut kepada pengajar di sekolah agar si kecil mendapat perhatian khusus. Sebagai contoh, apabila anak memiliki penyakit asma, maka beri tahukan hal tersebut kepada para guru sehingga anak dapat ditempatkan jauh dari paparan debu atau pendingin ruangan.

( Sumber : Google / internet )

 

Penulis adalah seorang pemerhati pendidikan anak-anak. Semua tulisan dan isi dalam website ini adalah dirangkum, diambil, di copy dari berbagai sumber di internet. Tulisan dan konten yang terdapat dalam website ini BUKAN hak cipta dari penulis. Jika ada tulisan atau isi konten yang tidak sesuai dan melanggar hak cipta, silahkan hubungi penulis agar segera dihapus. Terima Kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *